PATRICIO JIMENEZ

-->
Mengawali kariernya di usia 13 tahun bersama tim junior Rangers, Chile, Patricio Jimenez sempat bermain sebagai penyerang. Bahkan di klub Malleco Unido, ia pernah lama juga menjadi penjada gawang. Saat ditangani pelatih Leopoldo Vallejos di tim nasional U-17 Chile, Patricio dipasang sebagai gelandang bertahan. Dan di tangan Suimin Diharja, ia menemukan habitatnya yang paling tepat, yakni sebagai libero.

Mr. Show Time
Karakter tradisional pemain Amerika Latin benar-benar terpancar dalam performa Patricio Jimenez Diaz. Berbekal skill individu khas latino, Patricio tidak perna terlihat gelagapan mendapat intersep pemain lawan jenis apapun. Ia selalu tenang betugas sebagai labirin utama penjaga gawang.
Kelakuan Patricio yang tidak jarang menahan bola lebih lama di daerahnya, sempat menjadi bahan sorotan. Ada kekhawatiran kebiasaan itu terus dilakukannya ketika menghadapi tim-tim besar.

Terus Dalami Islam
Indonseia nyaris memberikan segalanya untuk Patricio Jimenez. Berkarir di sini, ia bukan hanya mendapat limpahan materi dan seorang istri yang cantik. Di tanah ini pula ia mendapat pencerahan hidup. Dengan kesadaran penuh, kini Patricio menjadi seorang Muslim.
Agar menambah afdal kemuslimannya, Patricio menambahkan kata Muhammad di depan namanya. Maka nama lengkap bek asal Chile ini pun menjadi Muhammad Patricio Jimenez Diaz. Galibnya seorang Mualaf, belum banyak pengetahuan agama Islam yang dikantungi Patricio. Namun, ia beruntung berjodoh dengan perempuan keturunan Padang. Sebuah rumpun bangsa yang dikenal sangat religius.
Berkat sang istri pula, Novia Anggraeni, Patricio mendapat bimbingan. Kini Patricio tidak lagi canggung mengenakan baju koko, lengkap dengan aksesori kopiah. Dan yang paling penting, ia tidak kesulitan menjalankan kewajibannya sembahyang lima waktu. Meski begitu, Patricio tidak mau dianggap karena pengaruh sang istri. Untuk memperbaiki kadar kemuslimannya, Patricio juga terus belajar tentang Islam. Berbagai macam buku ia lahap disela rutinitas latihan. Kebetulan Patricio sangat gemar membaca. Patricio mengaku mendapat banyak pelajaran setelah memeluk Islam.

Sehari Mualaf, Langsung Nikah
Perkenalan Muhammad Patricio Jimenez Diaz dengan Novia Anggraeni terjadi di Bandara Sultan Mahmud Baharuddin, Padang. Saat itu Patricio hendak berangkat ke Padang. Sedangkan Novia tengah bertugas di bandara tersebut.
Setelah menjalani kasih selama hampir setengah tahun, Patricio akhirnya meminang Novia pada 1 Januari 2006. resepsi pernikahan mereka digelar di Tangerang. Prosesi pernikahan mereka terbilang unik. Bukan karena dilaksanakan bertepatan dengan suasana pergantian tahun. Namun juga dibarengi proses hijrahnya Patricio menjadi pemeluk Islam. Sebab sehari sebelumnya, ia baru menyatakan diri jadi mualaf.

Biodata Patricio Jimenez:
Nama Lengkap: Muhammad Patricio Antonio Jimenez Diaz
Panggilan: Pato/Patricio
Tempat Tanggal Lahir: Villa Alegre, Chile, 23 Juni 1975
Posisi: Belakang
Karir Klub: Kadetes Rangers, Deportes Rinares, Malleko Unido, Constituteon Unido, Provincial Osorno, Semen Padang, Sriwijaya FC, Persib Bandung, PSMS Medan, Bontang FC, Persip Pekalongan (2012-....)

Sumber Teks: Tabloid Persib + & Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar