YARIS RIYADI

Para penggemar Persib Bandung pasti tidak asing lagi dengan nama Yaris Riyadi. Bertahun-tahun gelandang berwajah ganteng ini menjadi pujaan. Aksinya yang enerjik di lapangan hijau menjadi tontonan yang sangat menghibur. Orang bilang, Yaris bagaikan ruh tim Maung Bandung. Bertahun-tahun gelandang serang yang mulai bergabung dengan Persib saat Liga Indonesia II ini menjadi ikon tim kebanggaan warga Jawa Barat ini.
Ucing, sapaan akrabnya, memang merupakan generasi 90-an di tim Persib saat itu. Sosoknya sempat dipergunjingkan kala ia keluar dari tim Persib pada Liga Indonesia IX, ketika ia bergabung dengan tim Pelita Krakatau Steel. Sehingga di musim berikutnya ia bergabung kembali dengan tim Pangeran Biru.
Niat Yaris membela tim Persib dan membawa tim ini untuk juara memang sudah tertanam sejak lama. Bahkan ketika masa kecil Yaris sudah berangan-angan menjadi pemain Persib dan bisa hidup dari sepakbola. Dunia sepakbola sudah dikenalnya sejak duduk di bangku Sekolah Dasar.
Keseriusan Yaris menggeluti sepakbola sudah terlihat sejak di kampung halamannya di Cikajang, Garut. Saat itu Yaris selalu bermain bola dari kampung ke kampung. Hal itu ia jalani sejak SD hingga SMP sebelum ia hijrah ke Bandung. Kepindahannya ke Bandung tidak ia lewatkan untuk belajar sepakbola lebih serius lagi. Melalui informasi teman-temannya, Yaris pun masuk ke SSB UNI.
Dari UNI kemampuan olah bolanya semakain terasah hingga ia ditarik untuk menjadi pemain Persib pada tahun 1995 hingga 2007. tak hanya itu, sosoknya semakin bersinar tatkala terpilih dua kali memperkuat tim nasional di ajang Piala Asia, Pra Piala Dunia, Piala Kemerdekaan, dan Piala Tiger.
Prestasi yang terukir itu membuat Yaris semakin percaya diri menjajal karir sepakbola. Bahkan menjelang bergulirnya Liga Indonesia X, ia sempat menjadi rebutan antara tim Persib Bandung dan Persija Jakarta Pusat. Namun dengan berbagai pertimbangan, tim Maung Bandung tetap menjadi pilihannya.

Biodata Yaris Riyadi:

Nama Lengkap: Yaris Riyadi
Nama Penggilan: Yaris/Ucing
Tempat Tanggal Lahir: Bandung, 21 Januari 1973
Tinggi: 165 cm
Posisi: Tengah
Karir Klub: PS UNI (Junior), Persib Bandung (1995-2002), Pelita KS (2002-2003), Persib Bandung (2003-2007), Persikab Kabupaten Bandung (2007-2010), PSIS Semarang (2010), Bandung FC (2011-....)
Karir Tim Nasional: Piala Asia, Pra Piala Dunia, Piala Kemerdekaan, Piala Tiger
Sumber Teks: Tabloid Maung Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar