GAMBAR KUJANG DI JERSEY PERSIB JADI SIMBOL KSATRIA JABAR


Bandung.detik.com, 29 Sept 2010
Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, kali ini Persib memasang gambar kujang di bagian depan dan belakang jersey tim kebanggaan bobotoh. Hal itu dimaksudkan sebagai simbol ksatria Jabar. Kujang merupakan senjata khas Jawa Barat.
"Kujang merupakan senjata ksatria Jabar zaman dulu. Diibaratkan, Persib adalah ksatria Jabar saat ini di bidang sepakbola," jelas desainer jersey Persib, Achmad Gunawan Anwar, saat dihubungi detikbandung via ponsel, Rabu (29/9/2010).
Pertimbangan dipasangnya gambar kujang, kata dia, adalah sebagai identitas perwakilan Jabar. Karena Persib sudah jadi budaya, maka kujang pun 'dikawinkan' dengan jersey Persib.
Selain itu, ada juga gambar pagar dan bambu yang dipadukan dengan kujang. Itu diartikan lambang pertahanan Persib untuk mewakili Jabar di kancah sepakbola nasional.
Dituturkan Iwan, panggilan akrabnya, gambar atau simbol-simbol tersebut warnanya dibuat lebih gelap dari warna jersey. "Misalnya jersey biru, warna kujang dan lambang lainnya lebih gelap, biru gelap," terangnya.
Manager Pengembangan Bisnis PT PBB Budhi Bram Rachman menambahkan, pemesan jersey Persib, 60 persen didominasi mereka yang memesan warna biru. Sementara 40 persen sisanya, memilih warna putih dan hijau.
"60 persen pemesan memilih warna biru. Mungkin karena Persib identik dengan warna biru," ujarnya.
Budhi mengatakan, jersey Persib akan diproduksi terbatas, yakni 1.000 potong. Sejak dilaunching Rabu (22/9/2010) hingga hari ini, sudah ada sekitar 800 pemesan. Pemesanan sendiri akan ditutup 30 September. Sementara, jersey baru bisa diambil pada pertengahan Oktober.
Ia menambahkan, jersey Persib ada dalam tiga warna berbeda, masing-masing biru, putih, dan hijau. Untuk kaos polos dipatok dengan harga Rp 299.000. Jika ingin lengkap dengan logo sponsor, nama, dan variasi lain, harganya Rp 399.000.
Jika ingin kaosnya memiliki lengan panjang, dikenakan biaya tambahan Rp 60.000. Sementara, celana dan kaos kaki dipatok harga masing-masing Rp 99.000 dan Rp 39.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar