DESAIN MANIS, KOSTUM PERSIB LARIS MANIS


Vivanews.com, 1 Okt 2010
Kostum sebuah klub sepakbola ternyata memiliki daya tarik tersendiri. Melalui tangan terampil seorang perancang Achamad Gunawan Anwar, kostum milik klub bola berjuluk 'Maung Bandung' itu kian digandrungi para pecinta sepakbola.
Kemampuan Achamad dalam merancang konstum tentu sangat membanggakan. Apalagi, setelah hasil karyanya banyak mendapat respon baik, tidak hanya dari manajemen, pemain bahkan juga para penggemar Persib tentunya.
Bahkan, sebuah perusahaan apparel asal Spanyol, Joma tidak perlu waktu lama untuk lebih memperkenalkan diri kepada publik sepakbola nasional, khususnya bobotoh setelah resmi menjadi sponsor apparel Persib.
Kepada VIVAnews, Achamad menyatakan kebanggaannya atas hasil karyanya yang diminati banyak orang. Terbukti, kostum replika asli Persib buatan Joma yang bermotif kujang --senjata khas masyarakat Jawa Barat-- langsung diserbu bobotoh hanya sekitar satu pekan setelah resmi diperkenalkan dalam launching tim, 22 September lalu.
Dari total 1.000 kostum asli Persib, sekitar 80 persen di antaranya sudah dipesan pembeli. Kondisi ini, tak lepas dari terbatasnya stok penjualan kostum asli Persib.

Desain Apik

Menurut Anwar, daya tarik kostum terletak pada silhouette gambar senjata kujang di bagian dada dan punggung kostum kebesaran Maung Bandung tersebut. Itu merupakan identitas Persib sebagai perwakilan sekaligus klub yang cukup dibanggakan warga Jabar.
"Saya melihat Persib adalah ksatria Jabar di bidang sepakbola, sebab di Jabar Kujang merupakan senjata ksatria Jabar zaman dulu," ungkap Iwan panggilan akrabnya, seraya menambahkan.
Selain itu, ada juga gambar pagar dan bambu yang dipadukan dengan kujang. Itu diartikan lambang pertahanan Persib untuk mewakili Jabar di kancah sepakbola nasional.
Iwan tidak hanya menekankan pada arti filosofi dan seni pada kostum tersebut. Iwan tetap mengedepankan kenyamanan kostum apabila dikenakan pemain.
Ia menggunakan dua bahan yang berbeda yaitu polyester dan dry max. Fokusnya, dia ingin menerapkan teknologi tekstil yang membuat hangat pemainnya ketika cuaca dingin dan membuat adem pemain ketika cuaca panas.
Selain Persib, Joma penyedia kostum asal Spanyol ini juga membuat kostum timnas Honduras dan Sevilla. "Kostum Persib ini adalah satu-satunya kostum yang dilepas Joma untuk Indonesia," ujar Iwan.
Diharapkan, kaos yang dimiliki Persib sebanding dengan prestasi Persib musim ini. Bisa lebih baik dibandingkan musim lalu, tentu akan lebih lengkap.
Apalagi, 'Maung Bandung' merupakan salah satu klub dengan basis suporter terbesar di Indonesia, bahkan salah satu di Asia.
Saat ini, kostum replika asli Maung Bandung ini dijual dalam tiga warna berbeda, masing-masing biru, putih dan hijau. Untuk kaos polos dipatok dengan harga Rp 299.000. Jika ingin lengkap dengan logo sponsor, nama dan variasi lain, harganya Rp 399.000.
"60 persen dari total pemesan, menginginkan kostum berwarna biru. Sisanya memesan kostum berwarna putih," terang Manajer Pengembangan Bisnis PT PBB, Budhi Bram.
Bram menyatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Joma untuk menjajaki kemungkinan penambahan kostum replika Persib. Karena minat bobotoh tergolong sangat tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar