JOVO BERUSAHA KEMBALIKAN KEPERCAYAAN PEMAIN


Tribunjabar.co.id, 26 Okt 2010
Pascakekalahan melawan PSM Makassar, Persib Bandung langsung berbenah untuk menghadapi pertandingan berikutnya. Terlebih lawan yang akan dihadapi di pertandingan selanjutnya adalah musuh bebuyutan Persib, Persija Jakarta.
Menghadapi Persija, Sabtu (30/10) Maung Bandung jelas tak ingin kembali tersungkur. Jika kembali kalah, peluang untuk menembus papan atas semakin kecil. Apalagi tim-tim papan atas terus meraih hasil positif.
Pelatih Persib Jovo Cuckovic melihat hal yang penting setelah kemarin kalah adalah mengembalikan kepercayaan diri para pemain Persib setelah kalah di kandang sendiri.
"Sekarang kami mencoba memotivasi dan memberikan koreksi. Motivasi sangat penting untuk pertandingan selanjutnya," katanya kepada wartawan, Senin (25/10) sore di Lapangan Universitas Pendidikan Indonesia.
Tak hanya itu, Jovo juga ingin berbagi dengan para pemain. Ia ingin tahu apa yang menjadi masalah para pemainnya ketika bertanding. Pola analisis ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan para pemain saat berlaga. "Kami ingin melihat apa masalah mereka dalam pertandingan," tambah pelatih asal Serbia ini.
Saat melawan PSM, Persib bukannya tanpa peluang. Beberapa kali berpeluang mencetak gol, namun hanya satu yang berhasil dimaksimalkan. Lini belakang Persib juga masih terlalu gampang untuk ditembus lawan.
Analisis seperti ini akan dilakukan setelah Persib seusai menjalani latihan. Ia sebenarnya sedikit mengeluhkan hal-hal seperti ini. Menurutnya, analisis idealnya dilakukan sebelum musim berjalan.
"Sebelum musim berjalan, seharusnya ada sekitar delapan pertandingan uji coba. Setelah uji coba itu lah analisis dilakukan. Tapi Persib, zero (pertandingan uji coba)," tutur Jovo. Setelah musim berjalan, menurut Jovo seharusnya analisis yang mendasar tidak perlu terjadi.
Saat pramusim, Persib memang tak sekali pun menggelar pertandingan uji coba. Meski melakukan persiapan sejak awal Agustus, skuad Persib hanya berlatih bersama. Persib sempat mengikuti turnamen pramusim Inter Island Cup 2010, namun itu tak diikuti seluruh pemain.
Selain itu, ia juga mengeluhkan sering tak lengkapnya punggawa Persib saat latihan. Ini menurutnya menjadi penghambat dalam membangun komunikasi. "Kami juga sering tidak lengkap. Ini tak bagus juga," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar