NO CROSSING, NO GOAL


Klik-galamedia.com, 28 Okt 2010
Kendati masih mengeluhkan minimnya crossing akurat yang dilakukan Gilang Angga Kusumah dalam sesi latihan, pelatih Jovo Cuckovic tetap menyiapkannya sebagai calon pengganti Baihakki Bin Khaizan pada saat Persib Bandung menghadapi Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (30/10). Selain untuk Baihakki yang absen lantaran hukuman akumulasi kartu kuning, Jovo juga sudah menyiapkan pemain pengganti Eka Ramdani yang terancam absen akibat cedera yang dialaminya.
Berdasarkan pengamatan "GM", pada sesi latihan sore di Stadion Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jln. Dr. Setiabudhi Bandung, Rabu (27/10), Jovo sudah menyusun formasi utama yang bakal diturunkannya pada pertandingan melawan Persija. Dalam sesi game internal, pelatih asal Serbia tersebut memasang Gilang di tim utama dan ditempatkan di bek kanan, posisi yang ditinggalkan Baihakki. Selain Gilang, tiga bek lainnya masih diisi Wildansyah (kiri) serta Maman Abdurahman dan Nova Arianto di posisi bek tengah.
Kendati tidak membenarkannya, Jovo sepertinya tidak punya pilihan lain ketika "GM" menanyakan kemungkinan Gilang bakal dipasang pada pertandingan melawan Persija. "Semua orang juga bicara tentang Gilang. Sekarang Anda. Tapi, Gilang masih punya kendala dalam hal crossing," kata Jovo.
Dalam kesempatan itu, Jovo mengatakan, dalam beberapa kesempatan crossing yang dilakukan Gilang, tidak ada satu pun yang akurat. Karena itu, dalam waktu tersisa, persoalan crossing Gilang harus segera dibenahinya. "No crossing, no goal," kata Jovo sambil tersenyum.
Selain memasang Gilang, skenario lain yang kemungkinan dilakukan Jovo di lini belakang adalah dengan menggeser Wildansyah ke bek kanan, sementara posisi yang ditinggalkannya diisi Isnan Ali.
Selain bek kanan, Jovo juga mulai mencoba pemain pengganti Eka Ramdani yang terancam absen karena cedera otot pahanya tak kunjung pulih. Pada game kemarin, Jovo mempercayakan peran Eka di lini tengah kepada gelandang asal Singapura, Shahril Ishak. Sedangkan posisi sayap kanan yang biasa ditempati Shahril diberikan kepada Jejen Zaenal Abidin.

Menyerang

Untuk meredam permainan Persija, Jovo memastikan kalau dirinya tengah menyiapkan strategi menyerang. Menurutnya, strategi tersebut akan lebih baik ketimbang fokus memperkuat pertahanan.


"Semua pemain harus bisa menyerang dan langsung melakukan pressing jika bola lepas. Setelah itu, semua pemain harus cepat bergerak ke posisinya masing-masing untuk bertahan," kata Jovo.

Dalam sesi latihan kemarin, Jovo juga kembali merangsang para pemainnya untuk aktif bergerak. Sebab menurutnya, salah satu persoalan yang dihadapi para pemainnya adalah masih seringnya mereka terpaku di posisinya masing-masing, termasuk ketika dua gol PSM bersarang ke gawang Persib, akhir pekan lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar