TRIK PERSIB KURANGI PENUMPUKAN BOBOTOH


Vivanews.com, 13 Okt 2010
Persib Bandung berniat menaikkan harga tiket pertandingannya. Selain akan meningkatkan pendapatan klub, langkah ini merupakan trik untuk mengurangi penumpukan suporternya, Bobotoh.
Persib Bandung merupakan salah satu klub dengan suporter terbanyak yang ada di Indonesia. Diperkirakan jumlah pendukung Maung Bandung hingga saat ini mencapai angka 6 juta orang.
Para Bobotoh tersebut tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat dan beberapa daerah di nusantara. Beberapa di antaranya bahkan terdapat di luar negeri seperti Malaysia dan Korea Selatan. 
Besarnya antusiasme Bobotoh tentu menjadi bagian penting bagi Maung Bandung. Dari sisi komersil, kehadiran suporter-suporter fanatik tersebut berpotensi meningkatkan pendapatan Maung Bandung.
Tak salah bila bos Mahaka, Erik Thohir pernah mengatakan Persib adalah klub paling potensial untuk berkembang dari sisi prestasi dan bisnis.
Meski demikian, kenyataan di lapangan kadang berkata lain. Fanatisme berlebihan dari Bobotoh tak jarang sulit untuk dikendalikan sehingga menghadirkan persoalaan bagi Maung Bandung.
Menurut Sekretaris Panpel Persib, Budi Bram, dalam setiap laga kandang Persib, Bobotoh yang hadir rata-rata mencapai 30 ribu-40 ribu orang. Namun ironisnya,  sebagian dari mereka justru tidak memiliki tiket.
Kondisi ini pun memicu terjadinya penumpukan Bobotoh yang mengganggu kelancaran pertandingan. Tak ingin kondisi ini terus berlanjut, panpel pun memilih untuk menaikkan harga tiket pertandingan.
"Ini salah satu upaya kami mengurangi tumpukan massa bobotoh yang kerap memaksakan diri datang ke stadion meski belum mengantongi tiket. Dengan harga tiket yang lebih mahal, kami juga berharap bisa menyraing bobotoh dan mengurangi tumpukan massa,” terang Budi.
Musim ini, panpel mematok harga tiket VIP sebesar Rp 150 ribu atau naik 50 persen dibandingkan musim lalu. Sedangkan VIP samping naik menjadi Rp 50 ribu, tribun timur Rp 40 ribu dan tribun utara-selatan Rp 20 ribu.
Budi menambahkan, Bobotoh tak perlu memaksakan diri untuk datang saat Persib menjamu Persiba Balikpapan, Sabtu, 16 Oktober 2010 nanti. Pasalnya, duel ini akan disiarkan langsung oleh antv pada pukul 18.30 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar