PERSIB INGINKAN PELATIH LOKAL


Vivanews.com, 5 Nov 2010
Rahmad Darmawan
Nasib Jovo Cuckovic sepertinya hanya tinggal menunggu waktu saja. Manajemen Persib sudah merancang rencana pergantian di kursi pelatih kepala.
Manajer Persib, Umuh Muchtar menyatakan, tidak ingin mengulang kesalahan dengan menggunakan pelatih asing yang tidak bisa berkomunikasi dengan pemain karena terkendala bahasa.
"Yang pasti siapapun yang akan melatih Persib nanti, harus sudah teruji kualitasnya. Kalau asing ya bisa berkomunikasi seperti Robert Rene Albert misalnya. Tapi Persib menginginkan pelatih lokal saja lah," ujarnya, Jumat, 5 November 2010.
Saat menentukan siapa yang akan melatih Persib seandainya Jovo jadi dipecat. Umuh menegaskan, pemegang saham diharapkan tidak melakukan intervensi seperti pada saat memilih pelatih asal Perancis Daniel Darko Janackovic diawal pembentukan tim musim ini.
"Ya inilah hasil intervensi para pemegang saham. Kedepan saya tidak mau lagi ada intervensi. Kalau ada saya akan berontak. Tidak masalah kita putus dengan Jakarta (konsorsium pengusaha Jakarta pemegang saham mayoritas)," tegasnya.
Disinggung mengenai profil yang cocok untuk pengganti Jovo jika Jovo resmi dipecat, Umuh mengaku menaruh harapan besar kepada Rahmad Darmawan. Namun hal ini tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat. Mengingat Rahmad saat ini tengah menukangi Persija Jakarta.
"Rahmad adalah salah satu pelatih yang dikecewakan oleh Persib. Padahal dari awal pembentukan tim, saya sudah merekomedasikan dirinya sebagai pelatih Persib musim ini. Tapi karena adanya intervensi, Rahmad akhinya gagal dipilih, saat ini saya masih berharap dia mau ke Persib," ungkapnya.
Keinginan Umuh untuk menjadikan pelatih lokal sebagai pelatih Persib, lantaran berkaca pada permasalahan yang tengah dihadapi oleh skuad Maung Bandung ini. Jovo, pria asal Serbia ini tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik. Alhasil apa yang diinginkannya seringkali tidak bisa diterima dengan baik oleh para pemain.
"Ini memang menjadi permasalahan utama di Persib, pemain dan pelatih tidak bisa berkomunikasi. Kalau sudah seperti ini, apakah strateginya akan berjalan, ngomong aja gak nyambung," celetuknya.
Sementara itu, Persib dipastikan akan kembali menggunakan jasa pelatih fisik. Nama Entang Hermanu yang dua tahun lalu mengisi pos ini, kemungkinan besar akan kembali dipercaya. "Dalam satu atau dua hari, tim pelatih akan bertemu dengan pelatih fisik," ujar Asisten Pelatih, Robby Darwis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar