PERSIB KANTUNGI CALON PENGGANTI JOVO


Duniasoccer.com, 17 Nov 2010
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, secara mengejutkan mengaku telah mengantongi sejumlah nama sebagai calon pelatih penganti Jovo Cuckovic. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk dalam pertemuan bersama para pemegang saham PT PBB, Sabtu (20/11), jika akhirnya menginginkan Jovo diganti.
Bahkan Umuh menyebutkan ciri-ciri salah satu pelatih yang tengah dibidiknya tersebut. Antara lain, berprestasi dan bisa berbahasa melayu, serta sudah diketahui kualitasnya. Meski pelatih asing yang dimaksud belum berpengalaman melatih di Indonesia, namun Umuh percaya pada kemampuannya. Sebab dia pernah membawa timnas junior Thailand juara di level Asia, serta menguasai bahasa melayu karena pernah melatih klub Liga Malaysia.
Keputusan mendatangkan pelatih asing tersebut memang masih harus menunggu pertemuan bersama para pemegang saham, Sabtu (20/11) nanti. Dan nasib pelatih asal Serbia ini pun belum bisa dipastikan apakah akan diganti atau dialihkan fungsi. Namun Umuh tetap mecari pelatih, sebagai antisipasi jika dalam pertemuan disepakati Jovo harus diganti.
"Ya, saya memang sudah punya beberapa calon pelatih penganti Jovo, nanti kalau para pemegang saham minta diganti pelatih, saya sudah punya," kata Umuh kepada wartawan, usai menyaksikan penyembelihan hewan kurban miliknya di Jalan Desa, Rabu (17/11).
Umuh juga mengaku telah ditawari lima agen yang menawarkan pelatih. Namun pria yang juga menjabat sebagai direktur utama PT Persib Bandung Bermartabat ini mengaku belum bisa menerimanya, karena harus menunggu keputusan dari rapat bersama para pemengang saham, Sabtu nanti.
Umuh juga pernah melontarkan kriteria sama diawal kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim ini, saat akan menganti pelatih asal Perancis Daniel Darko Janackovic. Saat itu, opsi yang keluar dikalangan wartawan dan ramai diperbincangkan adalah pelatih asal Inggris, Steve Darby.
Pelatih yang berkiprah sebagai kiper junior Liverpool ini ditawarkan agennya, Hardimen Koto. Dari track record-nya, pelatih berkebangsaan Inggris ini punya segudang prestasi. Bahkan, jika dibanding Darko saat baru datang ke tanah air, lebih mudah mencari referensi Darby ketimbang Darko di internet.
Sebagai informasi, Darby pertama hadir di kawasan Asean pada 1998. Saat itu ia melatih klub Liga Malaysia, Johor FA dan meraih Malaysian FA Cup. Lalu, Darby melatih tim nasional wanita Vietnam yang memenangi medali emas SEA Games 2001.
Setelah semusim di tim junior Sheffield Wednesday, dirinya lalu mengasuh Home United FC di Singapura. Selama empat tahun melatih, Darby akhirnya memberikan double winner untuk juara Liga dan Piala Singapura 2003, serta melaju ke semifinal AFC Cup 2004. Dirinya juga menjadi asisten pelatih timnas Thailand dan melatih timnas U-23 Thailand.
Kriteria pengalaman Darby, memang sama seperti yang dikatakan Umuh. Namun saat ditanya apakah calon pelatih yang dimaksud kali ini adalah Darby, Umuh belum mau berkomentar.
"Nanti saja sesudah pertemuan bersama para pemegang saham, Sabtu nanti. Kalau ternyata dalam pertemuan tersebut Jovo harus diganti,baru semuanya akan di kemukakan kepada publik," kata Umuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar