STATUS GONZALEZ TERANCAM


Seputar-indonesia.com, 3 Okt 2010
Striker potensi naturalisasi Cristian Gonzales gagal berlaga di Piala AFF 2010, 2–27 Desember.Merah Putihsedang mencari satu nama sebagai suksesor El Loco,julukan Gonzales.
Kepastian tiket Gonzales berkostum Merah Putih terjepit deadline dari AFF, Sabtu (6/11). Artinya, El Loco sudah harus berpaspor lokal pada dua hari mendatang. AFF sebelumnya memberikan toleransi lima hari sejak Senin (1/11) untuk memastikan paspor amunisi naturalisasi. Namun, bomber berusia 35 tahun itu belum juga mengantongi paspor lokal. Asisten Pelatih Timnas Wolfgang Pikal mengungkapkan,posisi Gonzales di timnas dipertimbangkan lagi karena belum mendapat kepastian paspor lokal.
“Gonzales tidak punya paspor lokal, padahal waktu sangat sempit. Dia belum pasti dibawa ke Piala AFF. Sebenarnya ini tidak menguntungkan karena Gonzales memiliki kualitas,” ungkap Wolfgang kemarin. Bersama Maung Bandung– julukan Persib– musim ini Gonzales sedikitnya sudah merumput 540 menit atau 100% dan mencetak dua gol. Pada Indonesia Super League (ISL) 2009/2010, El Loco bermain 2.530 menit atau 85% dengan mengoleksi 17 gol.
Merah Putih mengklaim tetap memberikan lima kuota untuk striker.Timnas sebelumnya sudah mengganti striker Sriwijaya FC (SFC) Budi Sudarsono dengan mesin gol Arema FC Dendi Santoso.Budi terancam absen sampai Januari 2011 karena otot tendon pergelangan kakinya putus. Bukan hanya Budigol–sapaan Budi–, posisi bek Persipura Jayapura Ricardo Salampessy juga sudah digantikan amunisi SFC Supardi. Ricardo dibekap cedera lutut dan butuh waktu pemulihan minimal enam bulan.
Minus El Loco,produktivitas Merah Putih saat ini tinggal bergantung kepada Bambang ‘Bepe’ Pamungkas (Persija), Yongki Aribowo (Arema), Boaz Solossa (Persipura), Dendi, juga striker naturalisasi Irfan Bachdim (Persema). Sampai laga ISL pada Sabtu (30/10), Bepe sudah mengemas lima gol hasil dari merumput 540 menit atau 100%. Boaz sementara tercatat sebagai top skor dengan 10 gol hasil bermain 540 menit atau 100% bersama Persipura.
“Kami akan mencari striker lain sebagai pengganti Gonzales. Tapi, kami belum menetapkan namanya,”ujar Wolfgang. Timnas memiliki beberapa nama striker, di luar 30 amunisi yang sudah didaftarkan kepada AFF. Hasil inventarisasi seleksi pemain pada awal Juni lalu.Mesin gol yang berpeluang menjadi suksesor El Loco di antaranya Saktiawan Sinaga (Semen Padang),
Jajang Mulyana (Pelita Jaya),Tantan (Persitara), Jaya Teguh Angga (Persema), dan M Isniani (PSPS). Jaya Teguh dan Isnaini bahkan sempat menjalani training camp (TC) timnas tahap kedua. Selain nama itu, Aliyudin (Persija) juga cukup layak kembali berkostum timnas. Musim lalu Aliyudin mencetak delapan gol, hasil dari merumput 2.138 menit atau 70%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar