PERSIB PASTIKAN TETAP DI ISL


Vivanews.com, 5 Jan 2011
Pengurus teras PT Persib Bandung Bermartabat dan manajemen Persib Bandung memastikan klub yang berdiri pada 1933 itu tidak akan keluar jalur dari Liga Super Indonesia (ISL).
“Konsentrasi kami hanya untuk ISL, dan kami belum pernah berpikir untuk pindah ke LPI. Bagaimana pun, kompetisi yang digelar PSSI itu mutlak bersifat resmi. Dan kami tak mau konsentrasi, terutama pelatih dan pemain, terganggu oleh tarik ulur antara tiga klub yang mundur dengan penyelenggara kompetisi,” terang Manajer Persib, Umuh Muchtar.
Keputusan mundur PSM, Persibo dan Persema dari ISL mungkin bakal meringankan beban pasukan Maung Bandung. Sebab, jika ketiga klub itu resmi mundur, salah satu regulasi yang bakal diterapkan PT Liga Indonesia selaku penyelenggara kompetisi adalah penghapusan degradasi.
Seperti diketahui, posisi Persib saat ini cukup terjepit dan terjerembab di jurang klasemen. Namun, Umuh menolak jika Persib disebut ‘mensyukuri’ keputusan PSM, Persibo dan Persema.
“Sekalipun jumlah peserta ISL tetap seperti komposisi awal, kami tetap optimistis bisa lepas dari degradasi. Apalagi, kami baru menjalani enam pertandingan dan masih memiliki banyak kesempatan untuk bangkit,” tegas Umuh.
Hal senada diungkapkan pelatih Daniel Roekito. Ia menyatakan enggan disibukkan kepentingan tim lain. “Saya cuma ikuti perkembangannya. Kita tak memiliki kepentingan apa pun dengan tiga klub yang mundur. Kalau pun mereka mundur, ya itu kan keputusan mereka,” tegas Daniel.
Jaminan dari pengurus Persib jika Maung Bandung masih loyal kepada ISL cukup membuat sumringah pengurus PSSI. Sebab diakui atau tidak, beberapa pihak termasuk PSSI masih membutuhkan Persib.
Meski masih puasa gelar juara, tapi fanatisme bobotoh Maung Bandung tetap tinggi. Itu juga yang membuat rating siaran langsung pertandingan Persib selalu jadi salah satu yang tertinggi.
Pengakuan tidak langsung datang dari stasiun televisi pemegang hak siar laga-laga ISL, antv. Jumlah siaran langsung laga Persib selalu lebih banyak dibandingkan tim lainnya. Meski kebijakan live pihak antv mulai dialihkan ke luar Pulau Jawa, seperti Kalimantan dan Sulawesi, Persib tetap menjadi prioritas. Delapan laga Persib di putaran pertama diproyeksikan untuk disiarkan secara live.
Popularitas Persib masih cukup tinggi. Sejumlah media lokal di Jawa Barat baik cetak maupun elektronik rata-rata juga memposisikan sangat penting semua hal tentang Persib baik cerita di dalam ataupun di luar lapangan.
Jika Persib sampai mundur, sudah dipastikan berpotensi menjadi isu yang lebih hangat--dibandingkan mundurnya PSM Makasar ataupun Persebaya Surabaya yang lebih dulu berbelok ke jalur LPI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar