SI ANAK HILANG HARUS LEBIH DEWASA

Bola.okezone.com, 27 Feb 2011 
Kembalinya Si Anak Hilang Nova Arianto di kubu Persib Bandung tidak lepas dari kritik bobotoh. Pemain berkepala plontos itu harus menerima status baru setelah sempat menyatakan mundur dari Maung Bandung.
Bobotoh yang juga entertainment Wawan Hanura menuturkan, Nova Arianto seharusnya dapat belajar dari mantan punggawa Manchester United, Eric Cantona dan Roy Keane. "Tanpa keduanya, MU rapuh. Begitu pula bila MU tanpa pelatih Alex Ferguson. Karena tanpa Ferguson, MU rapuh," kata Personil Padhyangan ini mengilustrasikan sosok pemain sentral dalam sebuah kesebelasan.
Menurutnya, keputusan mantan pemain Persebaya melepas kaos kebanggan Persib merupakan hal yang biasa. "Pemain mau pergi silakan saja. Karena suatu tim bukan ego seorang pemain bintang," ujar Wawan yang sudah mencintai Persib selama puluhan tahun.
Justru dia menilai, kembalinya Nova menjadi tantangan bagi pelatih Persib Bandung, Daniel "DR" Roekito.
"Apakah jadi pelatih lifetime seperti Jacksen Tiago di Persipura yang tidak pernah tergantikan? jika ingin melakukan pembentukan lakukanlah sekarang. Bongkar komposisi pemain," ungkapnya.
Wawan yang dekat dengan Nova menilai jika pemain bernomor punggung 30 itu merupakan pemain yang bertipikal loyal. "Dia selalu menunjukan profesionalitasnya semenjak di Persebaya dan PSIS. Dengan usia 32 tahun dan pernah memperkuat timnas dia pantas saja memikirkan masa depan. Dengan kembali ke Persib, pasti bobotoh melihat hal itu tidak bagus," jelasnya.
Namun demikian, Wawan mengakui jika teman dekatnya itu sangat tertekan sejak awal musim. "Dia pernah cerita saat Persib terpuruk di awal musim dengan disorotnya lini belakang. Ada guilty feeling dari Nova. Secara mental dia tertekan, dan ini dirasakan pada pemain sebelumnya seperti kasus Nyeck Nyobe yang tidak lagi bermain full," katanya.
Sebagai bobotoh, Wawan menyerahkan masa depan anak dari pelatih Sartono Anwar tersebut kepada pihak pelatih. "Kembali pada pelatih Persib, apakah siap tidak dicadangkan," beber lelaki yang pernah aktif sebagai panitia pelaksana (panpel) Persib ini.
Seperti diketahui, DR kerap memasangkan tenaga segar dengan diturunkannya M Agung Pribadi dan Wildansyah. Kehadiran Abanda Herman juga akan membuat posisi Nova kian terancam. 
Wawan memprediksi, Nova akan kembali bersemangat bila ada pihak lain yang mendukungnya. "Susah untuk membuatnya bersemangat tanpa dukungan orang lain. Tapi, Nova harus dewasa menghadapi ini," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar