EDI KURNIA

Edi Kurnia (lahir di Bogor, 20 Oktober 1983) adalah seorang pemain sepak bola Indonesia yang berposisi sebagai penjaga gawang dan memiliki tinggi badan 174 cm dan berberat badan 60 kg. Ia direkrut Persib pada musim 2006. Ketika itu, ia sempat menjadi kiper kedua setelah Kosin, penjaga gawang utama saat itu. Namun ia kembali menjadi kiper ketiga Persib walau memakai kostum bernomor punggung 1. Kontraknya bernilai dua ratus lima puluh juta rupiah per musim.
Sebetulnya, Edi merupakan striker saat ia bermain di tim di kampung halamannya. Tapi, ketika ia memutuskan untuk bergabung dengan ASIOP Jakarta, Edi berpaling dari penyerang dan langsung menjadi kiper. Ia terispirasi ketika melihat Gianluigi Buffon, penjaga gawang nasional Italia, ketika menangkap bola yang dianggapnya sangat fantastis. Saat masuk SSB ASIOP di tahun 2000 Edi berlatih jadi penjaga gawang mulai dari nol.
Tapi, mungkin memang sudah bakatnya, kemampuan Edi pun menanjak drastis. Kala itu, ia merintis menjadi penjaga gawang sambil menganyam pendidikan di bangku SMU. Tapi, setelah ia lulus sekolah, bukan sepakbola yang dipilihnya. Ia sempat bekerja di kontraktor. Namun, karena ia rindu sepakbola, pekerjaan itu pun ia tinggalkan.
Di waktu senggangnya, Edi mencoba untuk ikut seleksi tim Porpov. Beruntung, ia pun masuk dan menjadi tim inti. Hingga sampai putaran final, gawangnya tidak pernah kemasukkan bola. Sayang, timnya kalah karena jumlah golnya kalah dari tim lain.
Penampilan yang cukup baik, menarik minat klub PSB Bogor yang saat itu berlaga di divisi II. Awalnya ia hanya menjadi kiper keempat. Tapi, karena grafiknya terus meningkat, akhirnya ia mempu menjadi pemain inti. Kondisi itu membuat tim Persikabo Kabupaten Bogor yang berlaga di divisi I meliriknya. Kembali, ia harus menjadi kiper kedua dahulu sebelum akhirnya ia kembali menjadi pemain inti.
Penjaga gawang asal Bogor ini pun kembali ditarik tim divisi I lainnya yaitu Persikad Depok. Di tim ini, Edi tidak bertahan lama, hingga ia mengikuti tes masuk tim Persib Bandung dan lolos untuk memperkuat tim di Liga Indonesia XII.

Biodata Edi Kurnia:

Nama Lengkap: Edi Kurnia
Tempat Tanggal Lahir: Bogor, 20 Oktober 1983
Tinggi/Berat: 174 cm/ 60 kg
Posisi: Penjaga Gawang
Karir Klub: ASIOP (Junior) PSB Bogor (2002-2003), Persikabo Kabupaten Bogor (2003-2005), Persikad Depok (2005), Persib Bandung (2005-2008), Persikabo Kabupaten Bogor (2009-2010), Bontang FC (2010), PSMS Medan (2011-2012), Pelita Bandung Raya (2012-....)
Sumber Teks: Tabloid Bobotoh & Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar