NYECK NYOBE

Dari Palembang, Kutai, Mendarat di Bandung
Demi penghidupan yang lebih baik, Nyeck melepas pangkat kopral yang disandangnya di Kamerun sana. Bersama sejawatnya, ia menatap ranah Nusantara sebagai tanjung harapan. Nyeck adalah potret hidup berikutnya tentang perjalanan seorang legiun asing asal Afrika di perantauan. Berangkat dari Kamerun dengan setangkup harapan memperoleh kehidupan lebih baik, Nyeck harus menjalani beratnya persaingan mencari klub dengan sesama legiun Afrika di Indonesia.
Adalah Jules Onana yang membuka jalan Nyeck ke tanah air. Bos agen pemain Mutiara Hitam itu menjadikannya sebagai barang dagangan utama jelang Liga Indonesia XIII. Tetapi bukan Persib yang pertama kali menjajalnya. Sebelum merapat ke Bandung, ia pernah mengadu nasib ke Sriwijaya FC dan Mitra Kukar pada Liga Indonesia 2005.
Atas petunjuk Onana pula ia akhirnya merapat ke kota kembang, Bandung. Pengetahuan nol besar tentang sepakbola domestik, sempat menyulitkannya di awal-awal bergabung dengan Maung Bandung.

Kopral dan Musik Reggae
Sebelum memutuskan meniti karir sepakbola di luar negeri, Nyeck sempat berdinas di angkatan darat Kamerun. Namun, berkarir sebagai tentara hanya batu loncatan. Meski demikian, Nyeck tidak memungkiri pengalaman menjadi tentara turut membentuk karakternya di lapangan hijau. Pangkat terakhir Nyeck adalah kopral.
Untuk masalah kegiatan lain, tidak banyak aktivitas yang dijalani Nyeck di luar rutinitas latihan. Selainn berkomunikasi dengan keluarganya di Kamerun, ia sering meluangkan waktunya dengan berdiam diri di kamar sembari mendengarkan musik kesukaannya yaitu musik reggae. Musisi kegemarannya bukanlah Bob Marley seperti pada umumnya, namun Macossa yang merupakan grup reggae terkenal di Kamerun yang menjadi band favoritnya.

Jadi Defender Karena Mballa
Figur istri, mballa Maria Theresa, sangat berpengaruh pada perjalanan hidup Nyeck. Dialah yang memotivasi Nyeck untuk jadi tentara. Perempuan ini pula yang kemudian memberi sugesti agar suaminya meniti karir di lapangan hijau. Segala yang Nyeck lakukan semuanya demi istri. Ketika Nyeck merasa harus bertanggung jawab penuh atas hidupnya, Mballa membimbingnya, termasuk ketika memutuskan untuk jadi tentara.
Namun dinas di ketentaraan tidak membuatnya puas. Panggilan jadi pemain bola jauh lebih besar. Setelah berdikusi panjang dengan Mballa, akhirnya Nyeck memutuskan berhenti dari dinas dan beralih menjadi pemain sepakbola. Itu berarti, jika sekarang Nyeck jadi defender, ada peran Mballa di sana.

Biodata Nyeck Nyobe:
Nama Lengkap: Nyeck Nyobe George Clement
Tempat Tanggal Lahir: Younde, 18 Maret 1983
Tinggi: 183cm
Karir Klub: Zurich FC (Junior), Dragon Pandores, Persib Bandung, (2007) Persela Lamongan (2008), Persib Bandung (2008-2009), PSMS Medan (2009-2010), Bontang FC (2010-2011)


Sumber Teks: Tabloid Persib + & Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar