EKA RAMDHANI


Eka Ramdani (lahir di Purwakarta, Jawa Barat, 18 Juni 1984) adalah pemain hasil binaan tim junior Persib Bandung dengan bergabung dengan PS UNI, salah satu klub anggota Persib, pada usia belasan tahun, Eka menjelma menjadi salah satu bakat terbesar yang dimiliki Persib. Eka Ramdani telah menjadi langganan tim nasional Indonesia sejak usia dini. Tercatat Eka pernah memperkuat timnas Indonesia di Pra Piala Asia U-16, Piala ASEAN U-19, Pra Piala Asia U-20, Piala Sultan Brunei U-21, Pra Olimpiade Athena dan SEA Games(U-23), dan juga di timnas senior yang debutnya dilakoni di pertandingan persahabatan dengan Afrika Selatan.
-->

Ingin Jadi Polisi
Gelandang tim Persib ini diramalkan sebagai calon pemain Indonesia masa depan. Memang wajar dikatakan sebagai calon pemain masa depan karena sepak terjangnya dalam dunia sepakbola sudah tidak diragukan lagi, apalagi ia begitu piawai dalam mengocek si kulit bundar.
Lelaki yang mempunyai nama lengkap Eka Ramdhani ini mengatakan kalau dunia sepakbola merupakan hobinya sejak kecil. Namun, saat kecil dulu ia sama sekali tidak memimpikan menjadi pesepakbola seperti sekarang. Sewaktu kecil justru ia ingin sekali menjadi polisi, dengan alasan jika melihat polisi, tampak gagah dan tinggi.
Karena sepakbola sangat digemarinya, sejak itu Eka terpikirkan ingin menjadi pemain sepakbola yang hebat, apalagi ia mendengar kalau di Bandung ada Sekolah Sepakbola (SSB). Keinginannya untuk masuk SSB di Bandung semakin terbuka lebar setelah kakaknya yang kerja di Bandung memberi tahu jika di Bandung ada SSB UNI. Eka pun masuk ke SSB UNI usai tamat Sekolah Dasar. Setelah menimba ilmu sepakbola di SSB UNI, karir sepakbolanya semakin bersinar.
Sejak berada di Bandung, putra dari Abdul Rojak dan Yayah Sumariyah ini tak pernah ketinggalan untuk menonton pertandingan Persib di Stadion Siliwangi yang saat itu diperkuat oleh Yusuf Bachtiar. Bahkan Eka sangat mengidolakan Yusuf Bachtiar.
Belajar bola di Bandung ternyata tidak sia-sia. Ia beberapa kali memperkuat tim sepakbola di Bandung dalam berbagai event seperti Pra Piala Asia Jepang tahun 2000, PSSI U-19 di Piala ASEAN, Pra Piala Asia U-20 tahun 2001, dan Piala Sultan Hasanah Bolkiah di Brunei Darussalam pada tahun 2002.

Buka Studio Musik
Musik merupakan salah satu hobinya disamping bermain sepakbola. Selain mendengarkan musik, waktu luangnya pun diisi dengan memetik gitar. Itulah keseharian Eka Ramdhani jika sedang beristirahat bermain sepakbola.
Kegemarannya memetik gitar sudah cukup lama, apalagi teman-temannya di kampung halaman, saat nongkrong selalu diisi dengan nyanyi-nyanyi diiringi petikan gitar Eka. Berbagai jenis lagu mulai dari dangdut, pop, dan rock selalu mengisi keseharian Eka bersama teman-temannya.
Kesenangan Eka bermain gitar dan bernyanyi, membuat teman-temannya di kampung halaman, menyarankan Eka jika kelak pensiun dari sepakbola untuk membuka studio musik. Apalagi menurut Eka, kota Bandung telah banyak melahirkan grup musik yang sangat digemari banyak orang seperti Peterpan dan Seurius Band.

Karir
Eka memainkan laga ke-100 nya bersama persib di Liga ketika Persib bermain melawan Deltras Sidoarjo pada 30 Mei 2009.

Biodata Eka Ramdhani:
Nama Lengkap: Eka Ramdhani
Panggilan: Ebol
Tempat Tanggal Lahir: Wanayasa, Purwakarta, 18 Juni 1984
Tinggi: 165 cm
Posisi: Gelandang
Karir Klub: PS UNI (Junior), Persib (2000-2002), Persijatim/Sriwijaya FC (2003-2004), Persib Bandung (2005-2011), Persisam Samarinda (2011-2012), Pelita Bandung Raya (2012-....)
Karir Tim Nasional: Indonesia Senior


Sumber Teks: Wikipedia & Tabloid Maung Bandung

1 komentar:

  1. apakah masuk persib junior atau senior harus sekolah ssb dulu di bandung...... ssb mana aja yg mendidik siswanya bisa di ambil oleh persib ....blz penting ..mksih

    BalasHapus