SONNY KURNIAWAN


Sepakbola memang sudah dinikmati Sonny sejak kecil dulu. Prestasi di bidang olahraga yang satu ini sudah ia tunjukkan saat ia duduk di kelas 6 sekolah dasar, di mana Sonny dan timnya meraih juara satu dalam kompetisi bola antar SD se-Jakarta dan mendapatkan imbalan uang Rp. 75 ribu.
Kelas 1 SMP, diam-diam Sonny masuk ke SSB MBFA (Merdeka Ball Federation Association). Tidak lama kemudian ia masuk ke UMS yang dilatih oleh pelatih kawakan, Endang Witarsa. Untuk lebih meningkatkan prestasinya itu, tepat saat ia duduk di kelas 3 SMP, Sonny pun masuk ke SSB Pelita Jaya.
Namun, siapa sangka saat itu langkah Sonny berkarir di dunia sepakbola, tidak direstui oleh orang tuanya. Ayah dan ibunya memintanya agar serius menekuni bidang pendidikan. Meski mendapat larangan dari kedua orang tuanya Sonny tidak gentar untuk terus belajar sepakbola.
Karena kegilaannya pada dunia sepakbola, lelaki kelahiran Jakarta 17 Juli 1978 ini harus rela tidak naik kelas satu tahun saat duduk di bangku sekolah menengah pertama. Tentu saja orang tuanya semakin geram dengan perilaku Sonny. Namun tekad besar Sonny di olahraga yang satu ini membuat orang tuanya menyerah.
Menimba ilmu di SSB Pelita Jaya ternyata tidak sia-sia. Dari hasil jerih payahnya itu, Sonny dapat beasiswa bahkan ia pun ditarik oleh klub elit saat itu, Petrokimia Gresik. Direkrutnya Sonny ke Petrokimia menjadi bukti kalau ia benar-benar mampu menjadi pemain bola yang berkualitas. Satu tahun memperkuat Petrokimia, Sonny menyumbangkan 3 gol yang dilakukannya melalui tendangan bebas dan juga tendangan penjuru.
Kesuksesan Sonny membuat kedua orang tuanya semakin mendukung karir Sonny. Dari Petrokimia, pengagum David Beckham ini sempat bergabung dengan PSPS Pekanbaru, Arema Malang, PSMS Medan, Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Biodata Sonny Kurniawan:

Nama Lengkap: Sonny Kurniawan
Nama Panggilan: Sonny
Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 17 Juli 1978
Posisi: Sayap Kanan
Tinggi/Berat: 170 cm/ 65 kg
Karir Klub: Petrokimia Gresik (1999-2002), PSPS Pekanbaru (2002-2003), Arema Malang (2004-2005), PSMS Medan (2005-2006), Persija Jakarta Pusat (2006-2007), Persib Bandung (2007-2008), Persiba Balikpapan (2008-2009), Deltras Sidoarjo (2009-2010), Persisam (2010-....)

Sumber Teks: Tabloid Maung Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar