SINTHAWEECHAI HATHAIRATTANAKOOL

Sinthaweechai Hathairattanakool atau lebih dikenal dengan nama Kosin Hathairattanakool lahir di Sakhon nakon, Thailand, 24 Maret 1982 merupakan mantan penjaga gawang Persib Bandung pada Liga Indonesia XII. Pada perang bintang musim liga XII Kosin meraih gelar pemain favorit melaui poling SMS. Kosin juga adalah seorang penjaga gawang Timnas Thailand yang pernah membawanya berhadapan dengan klub-klub Liga Inggris seperti Bolton, Manchester City dan Everton.

 

Karir Klub
Kosin sempat bermain untuk beberapa klub Thailand, kemudian pindah ke Persib pada musim 2006 untuk setengah musim. Kosin kembali ke Thailand untuk bermain dengan Chonburi FC. Setelah bermain 16 (satu kali absen) pertandingan liga bersama Persib, Ia harus pulang kembali ke klub nya Chonburi FC.
Pada tahun yang sama Kosin memperkuat tim nasional Thailand di Asian Games, Doha Qatar. Pada bulan Desember 2006 Kosin membela tim nasional Thailand di kejuaraan Piala Raja yang ke-37 dan berhasil menjuarainya. Beberapa bulan kemudian di awal tahun 2007, Kosin membawa Thailand sebagai finalis ASEAN Football Championship.
Kosin pun memperkuat Thailand di Piala Asia 2007 yang diselenggarakan di empat negara. Setelah itu Kosin membawa tim Chonburi menjadi tim provinsi pertama yang memenangkan juara Liga Thailand, meskipun di tim itu ada sekitar 3 pemain yang mengikuti trial di Manchester City. Dan Kosin berhasil menjadi MVP untuk posisi penjaga gawang.
Pada tahun 2009 Kosin sempat kembali memperkuat Persib Bandung meskipun hanya untuk setengah musim. Dan posisinya digantikan oleh kiper tim Nasional Indonesia, Markus Horison.

 

Kehidupan Pribadi
Kosin merubah namanya menjadi Sinthaveechai setelah mendapat anjuran dari rahib untuk mendapatkan keberuntungan dalam karier sepakbolanya

Biodata Sinthaweechai Hathairattanakool:
Nama Lengkap: Sinthaweechai Hathairattanakool
Panggilan: Kosin
Tempat Tanggal Lahir: Sakhon Nakon, 24 Maret 1982
Tinggi: 179 cm
Posisi: Penjaga Gawang
Karir Klub: Assumption Sriraca Scholl (Junior), Tobacco Monopoly (2001-2003), Osotspa (2004-2006), Persib Bandung (2006-2007), Chonburi FC (2007-2009), Persib Bandung (2009), Chonburi FC (2010-....)
Karir Timnas: Thailand Senior

Sumber Teks: Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar