SUWITA PATA

Pemain satu ini tentu sudah tidak asing lagi di mata para pendukung Persib. Ia sudah tiga kali masuk ke dalam skuad Persib Bandung. Kepiawaiannya sebagai pemain jangkar sudah terbukti. Karenanya tak heran dirinya sempat beberapa kali hengkang dari Persib dan manajemen Persib ngebet mengajaknya kembali ke Bandung.
Dunia sepakbola bagi Wita, panggilan akrab Suwita Pata, memang bukan hal yang baru. Sejak kecil dulu Wita sudah senang dengan sepakbola. Apalagi keluarganya mulai dari orang tua hingga adik-adiknya merupakan pencinta olahraga. Namun yang betul-betul mencintai sepakbola hanya Wita. Merasa ada baka sepakbola, Wita pun meminta kepada kedua orang tuanya untuk dimasikkan ke sekolah sepakbola.
Keinginan Wita itu disambut baik kedua orang tuanya. Menginjak kelas 1 SMP, Wita pun masuk SSB FPOK IKIP (sekarang UPI) hingga kelas 3 SMU. Sewaktu di SSB FPOK ia sempat dilatih oleh Indra Thohir. Setelah dari SSB FPOK ia kemudian bergabung dengan PS Setia.
Lima tahun belajar di SSB FPOK ternyata membawa Wita memperkuat Persib, tepatnya tahun 1998. karirnya pun semakin menanjak. Wita pun sempat memperkuat PSS Sleman pada Liga Indonesia IX. Dari PSS Sleman ia pun kembali memperkuat Persib Bandung selama 2 musim. Di Liga Indonesia XII ia tercoret dari tim Persib. Namun keputusan manajemen mendepak Wita musim itu banyak disayangkan oleh banyak pihak terutama pendukung setia Persib. Terlebih dengan tidak adanya Suwita Pata, tim Persib terbukti tampil mengecewakan para bobotohnya.

Biodata Suwita Pata:

Nama Lengkap: Suwita Pata
Panggilan: Wita
Tempat Tanggal Lahir: Bandung, 25 Maret 1974
Tinggi: 173 cm
Posisi: Gelandang Bertahan, Libero
Karir Klub: Persikab Kabupaten Bandung (Junior), PSS Sleman (2001-2003), Persib Bandung (2004-2005), PSIS Semarang (2006), Persib Bandung (2007-2009), Persitara Jakarta Utara (2009-2010), PSIS Semarang (2010)
Karir Timnas: Indonesia Senior (2008/ 1 caps)

Sumber Teks: Tabloid Maung Bandung & Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar